Kamis, 27 April 2017

BRACKET KALIPER DENGAN MENGGUNAKAN INVENTOR


BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Dalam dunia otomotif, penulis sering menjumpai macam-macam breaket. Dimana breaket biasa digunakan sebagai penghubung caliper dengan shockbreaker. agar tidak terjadi patah/kerusakan pada bracket maka di uji simulasi dengan menggunakan software solidworks.
Bracket merupakan salah satu bagian dari bagian/perangkat yang memegang peranan cukup penting karena fungsi dari bracket yaitu untuk menumpu sebuah kaliper agar kaliper dapat bekerja dengan maksimal. Bracket  harus cukup kuat untuk menahan kaliper serta bagian lainnya bekerja dengan baik.

1.2       Sistematika Penulisan
Dalam penyusunan tugas sofkill ini , penulis membagi kedalam empat bab dan setiap babnya sub bab berserta penjelasannya. Pembagian bab-bab tersebut adalah sebagai berikut:
BAB I                         PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar belakang, metode penulisan yang digunakan serta sistematika penulisan .


BAB 11           LANDASAN TEORI
Bab ini menerangkan tentang teori-teori dasar yang digunakan dalam proses perancangan bracket dan pengertian beserta fungsinya.

BAB III          PEMBAHASAN
Bab ini memaparkan mengenai langkah kerja dari proses pembuatan dan gambar dari product.

BAB IV          PENUTUP
Bab ini membahas kesimpulan dan saran yang telah  dilakukan dengan mempelajari nilai-nilai pembahasan sehingga dapat menyimpulkam kajian-kajian teori yang didapat.

           

BAB II
PENJELASAN

2.1       Definisi

          Dalam memodifikasi motor tentunya kita banyak mengandalkan barang2 rubahan,misalnya pada bagian kaki-kaki,karna saat kita merubah salah satu bagian motor sedikit banyak bagian lainnya juga memerlukan perubahan/penyesuaian.pada motor standar smua sistem pengereman nya dapat berfunsi dengan baik bila tidak ada perubahan.nah bila kita merubah salah satu,contohnya kita ganti kaliper/pala babi dengan limbah moge tentunya ada bagian yang harus kita rubah(sesuaikan) agar si"kaliper" bisa terpasang dan dapat berfunsi dengan baik bukan?!

Pada pembuatan Bracket caliper ini menggunakan Mesin CNC. CNC merupakan sistem otomatisasi Mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang diprogram secara abstark dan disimpan dimedia penyimpanan, hal ini berlawanan dengan kebiasaan sebelumnya dimana mesin perkakas biasanya dikontrol dengan putaran tangan atau otomatisasi sederhana menggunakan software inventor.  



BAB III
CONTOH PRODUCT

Gambar Bracket caliper

Bracket merupakan salah satu bagian dari bagian/perangkat yang memegang peranan cukup penting karena fungsi dari bracket yaitu untuk menumpu sebuah kaliper agar kaliper dapat bekerja dengan maksimal. Bracket  harus cukup kuat untuk menahan kaliper serta bagian lainnya bekerja dengan baik.

3.1       Klasifikasi Bahan
            Material menggunakan Alumunium tipe 6061 T6. aluminium merupakan material utama yang saat ini digunakan Bracket. Aluminium dipilih karena memiliki sifat ringan dan kekuatannya dapat dibentuk dengan cara dipadu dengan unsur lain. Permasalahan yang dihadapi adalah pemilihan jenis unsur apa yang akan dipadu dengan aluminium untuk mendapatkan karakteristik material yang dibutuhkan. Unsur paduan yang ditambahkan dan perlakuan panas (heat treatment) yang diberikan pada aluminium selama pemrosesan sangat mempengaruhi sifat paduan aluminium yang dihasilkan.


Gambar bracket terpasang di honda NSR 150SP













BAB IV
KESIMPULAN

Adapun kesimpulan yang didapatkan dalam pembuatan  product  pada Breacket,  sebagai berikut:
-          Pemilihan material yang tepat itu sangant penting
-          Design yang bagus/menarik tapi tidak mengurangi durability Bracket



                                                                                                                    

0 komentar:

Posting Komentar